PERLU ANDA KETAHUI, BAHAYA MENGKONSUMSI MAKANAN PEDAS SETIAP HARI

PERLU ANDA KETAHUI, BAHAYA MENGKONSUMSI MAKANAN PEDAS SETIAP HARI

Makanan pedas merupakan makanan yang banyak digemari oleh sebagian besar penduduk di Indonesia. Makanan pedas memiliki cita rasa tersendiri. Memang sebagian besar makanan di Indonesia sangat cocok jika dikonsumsi dengan sambal atau makanan pedas lainya. Seperti halnya saat sedang memakan bakso atau pangsit, tentunya sebagian besar orang merasa belum lengkap jika belum menambahkan saos dan juga sambal di dalamnya. Makanan pedas merupakan makanan  yang sangat menantang dan menggoda untuk di santap. Namun perlu anda ketahui di balik  itu ada bahaya yang mengintai orang pecinta makanan pedas tersebut!

Beberapa Bahaya Terlalu Sering Mengkonsumsi Makanan Pedas Yang Perlu Anda Ketahui

Makanan pedas merupakan santapan yang paling banyak digemari karena kelezatannya. Banyak juga orang yang menganggap bahwa mengkonsumsi makanan pedas dapat mendatangkan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Mungkin hal tersebut benar karena makanan pedas seperti rempah-rempah dan juga cabai mempunyai senyawa yang baik untuk dikonsumsi dan dicerna tubuh. Namun hal itu tidak berlaku jika anda mengkonsumsi makanan pedas terlalu sering atau bahkan setiap hari dengan porsi yang tidak beraturan. Terlalu sering memakan makanan pedas dapat mendatangkan bahaya tersendiri bagi para pengkonsumsinya. Nah di bawah ini akan kamu sampaikan mengenai bahaya terlalu sering mengkonsumsi makanan pedas.

  • Dapat menurunkan sensitivitas lidah

Terlalu sering mengkonsumsi makanan pedas dapat menurunkan sensitivitas pada lidah. Karena  saat memakan makanan yang pedas akan membuat orang tersebut merasa ketagihan terus menerus. Dan pada akhirnya orang tersebut akan mengalami luka pada lidahnya. Dan jika hal tersebut diteruskan dapat menyebabkan kepekaan lidah terhadap rasa menjadi berkurang.

  • Dapat menyebabkan diare

Kemudian terlalu sering memakan makanan pedas juga dapat menyebabkan diare. Karena kebanyakan kasus diare disebabkan karena terlalu sering mengkonsumsi makanan pedas yang berasal dari cabai. Cabai sendiri mempunyai kandungan capsaicin yang dapat menimbulkan rasa terbakar. Sebenarnya rasa tersebut tidak akan melukai sistem pencernaan, hanya saja saat kita mengkonsumsi makanan pedas pergerakan usus akan menjadi semakin cepat dan akhirnya dapat menyebabkan diare.

  • Dapat memicu terjadinya asam lambung

Kemudian terlalu sering mengkonsumsi makanan pedas juga dapat memicu terjadinya asam lambung. Karena  dapat memicu kondisi naiknya asam lambung hingga ke esofagus. Sehingga akan menyebabkan rasa  nyeri dan juga panas pada penderitanya.

  • Bisa menurunkan nafsu makan

Terlalu sering memakan makanan pedas dapat membuat orang menjadi kurang nafsu makan atau bahkan kehilangan nafsu makanya. Dan jika hal ini dibiarkan terus menerus tentunya dapat mempengaruhi kesehatan orang tersebut.

  • Dapat menyebabkan insomnia

Orang yang terlalu sering mengkonsumsi makanan pedas suhu tubuhnya akan terus meningkat. Bahkan orang yang terlalu sering mengkonsumsi makanan pedas dapat meningkatkan waktu terjaga atau sulit tidur  yang lebih sering dikenal dengan sebutan insomnia. Untuk itu agar anda tidak menderita insomnia anda harus mengurangi pengkonsumsian makanan pedas mulai dari sekarang.

  • Dapat menyebabkan tukak saluran pencernaan memburuk

Kemudian terlalu sering mengkonsumsi makan pedas juga dapat menyebabkan kondisi tukak pada saluran pencernaan menjadi lebih memburuk. Tukak merupakan luka yang ada di lapisan usus. Nah saat kita mengkonsumsi makanan pedas luka akan semakin memburuk dan orang itu akan merasa mual, panas, perih dan sangat terganggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *