JENIS UMBI-UMBIAN DAN MANFAATNYA

JENIS UMBI-UMBIAN DAN MANFAATNYA

Umbi merupakan bagian dari tanaman atau tumbuhan yang tumbuh di dalam akar dan dapat dimakan oleh manusia. Umbi sendiri memiliki beberapa jenis dan juga bentuk. Nah, umbi biasa digunakan sebagai pengganti dari nasi sebab mengandung karbohidrat. Tentu saja kadar gula pada umbi-umbian lebih sedikit daripada nasi putih dan tentunya lebih sehat. Umbi-umbian biasanya bisa ditemukan di hutan ataupun pekarangan liar yang dapat tumbuh menjalar dan juga berupa tanaman atau tumbuhan biasa. Umbi bisa kita temukan dengan mudah di berbagai tempat. Nah, umbi sendiri tidak memerlukan perawatan khusus untuk mengurusnya. Kita hanya memerlukan umbi tersebut atau batang untuk menjadikannya sebagai tanaman. Umbi-umbian memiliki banyak manfaat lain yang sangat berguna untuk manusia.

Jenis-Jenis Umbi

Umbi-umbian biasanya kita jadikan sebagai hidangan pengganti nasi putih. Umbi-umbian sendiri banyak juga dijadikan sebagai campuran dari makanan lain seperti dijadikan keripik, kue, campuran sup bahkan jus. Namun kita lebih sering mengukusnya dan langsung dimakan karena tidak akan hilang nutrisi di dalamnya. Nah, untuk itu kita harus mengetahui dulu jenis-jenis umbi di bawah ini:

  • Kentang

Kentang bisa disebut dengan umbi-umbian karena tumbuh di dalam tanah dan menjadi hidangan favorit. Sebab kentang memiliki kandungan nutrisi di antaranya adalah serat, vitamin, mineral dan fitokimia. Kentang kerap kali kita jumpai di berbagai hidangan makanan. Nah, kentang juga memiliki banyak manfaat di dalamnya seperti menguatkan tulang yang dapat mencegah osteoporosis, menyehatkan jantung, menurunkan berat badan dan juga manfaat lain. kentang tentunya sangat digemari oleh banyak orang. 

  • Singkong

Singkong ini dapat dengan mudah ditemukan di pekarangan rumah kita. Sebab singkong sangat mudah untuk ditanam. Singkong termasuk ke dalam jenis umbi-umbian karena berasal dari akar suatu pohon. Singkong mengandung kaya antioksidan yang dapat melindungi tubuh kita dari paparan radikal bebas. Tentu saja singkong juga memiliki banyak manfaat antara lain adalah sumber karbohidrat, dapat menurunkan berat badan, menyehatkan sistem pencernaan, menyembuhkan diare dan lain-lain. Tidak hanya buahnya saja namun daun singkong juga banyak dikonsumsi untuk dijadikan sayur. 

  • Ubi jalar

Ubi ini adalah jenis umbi-umbian yang paling populer dan digemari oleh banyak orang. Ubi jalar biasanya memiliki tiga warna yaitu kuning, putih dan juga ungu. Ubi jalar mempunyai cita rasa yang manis dan juga mengenyangkan. Tumbuhan ubi jalar merambat ke berbagai agar dapat tumbuh. Ubi jalar mempunyai manfaat dapat menurunkan berat badan, menjaga kesehatan mata dan juga memiliki nutrisi yang sangat tinggi. 

  • Talas

Tumbuhan talas dapat tumbuh secara liar di tanah. Tumbuhan ini memiliki daun yang sangat lebar. Talas memang sangat jarang kita temui di daerah kota, namun talas sangat mudah ditemukan di desa. Nah, talas sendiri seperti umbi-umbian lainnya yang tumbuh di dalam tanah. Talas memang memiliki rasa yang manis seperti umbi dan memiliki manfaat yang banyak. Manfaatnya adalah menjaga kesehatan kulit dan rambut, mengatasi masalah darah tinggi, menurunkan gula darah, mengobati masalah pencernaan dan penglihatan. Mungkin banyak orang tidak menyukai nya namun talas ini bisa kamu jadikan hidangan dalam bentuk lain agar kamu menyukai nya. 

Nah, itulah beberapa jenis umbi-umbian dan manfaatnya masing-masing. Umbi memanglah sangat cocok untuk orang yang sedang menjalani diet. Nah, tentunya juga bisa kamu jadikan sebagai sumber karbohidrat yang sehat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *