JENIS KAMBING YANG DIGUNAKAN OLEH PUSAT AQIQAH JOGJA

Saat ingin melaksanakan ibadah akikah, bukan hanya perkara memilih pusat aqiqah jogja saja. Tetapi ada hal lain yang harus diperhatikan jika memilih menggunakan layanan akikah. Yakni dari segi kambing yang digunakan untuk prosesi akikah. Seperti yang diketahui bahwa jumlah kambing untuk akikah tergantung dari jenis kelamin anak. Jika anak laki-laki yang lahir, maka akikah menggunakan dua ekor kambing. Sedangkan jika anak perempuan yang lahir, maka cukup satu ekor kambing saja. Untuk jenis kelamin kambing akikah sendiri bisa jantan dan betina. Pastikan bahwa kesehatan kambing yang akan disembelih ini dalam keadaan sehat dan tidak cacat. Dengan begitu syarat sahnya kambing akikah bisa terpenuhi.

Pusat Aqiqah Jogja Menggunakan 3 Jenis Kambing Ini

Selain itu, jenis-jenis kambing di Indonesia sendiri pun cukup banyak. Jika anda ingin melaksanakan ibadah akikah di pusat aqiqah jogja. Ada baiknya jika mengetahui jenis-jenis kambing yang sering digunakan untuk ibadah akikah. Dengan mengetahui jenis-jenis kambing ini, maka anda tidak akan merasa kesulitan jika akan melaksanakan ibadah akikah untuk putra atau putrinya.

Inilah beberapa jenis kambing yang cukup sering digunakan oleh pusat aqiqah jogja.

  1. Kambing kacang

Untuk jenis kambing ini termasuk kambing lokal, yang artinya berasal dari Indonesia. Jenis kambing kacang ini sendiri tersebar di hampir seluruh wilayah Indonesia. Dimana banyak pusat aqiqah jogja sering menggunakan kambing ini untuk prosesi akikah. Kambing kacang jantan dan betina mempunyai tanduk. Ukuran badan kambing betina sekitar 56 cm sedangkan untuk jantan 60 – 65cm. Bobot kambing betina dewasa sekitar 25kg dan kambing jantan mencapai 30kg. Pada umumnya kambing kacang memiliki warna hitam, putih, cokelat atau kombinasi ketiga warna tersebut. Bulu yang dimiliki oleh kambing kacang sendiri pendek kecuali pada bagian dagu dan ekor.

  1. Kambing etawa

Asal kambing etawa sendiri adalah dari India. Dimana kambing ini merupakan kambing penghasil susu dan kambing pedaging. Ciri-ciri dari kambing ini adalah mempunyai tubuh relatif besar dengan tinggi sektiar 90 – 130cm untuk kambing jantan. Sedangkan untuk kambing betina mencapai sekitar 92cm. Jenis kambing ini pun banyak digunakan pusat aqiqah jogja untuk prosesi akikah. Berat dari kambing etawa jantan bisa mencapai 100kg, sedangkan kambing betinanya mencapai 63kg. Telinga pada kambing etawa ini terkulai ke bawah dan panjang. Tanduknya pendek untuk kambing jantan dan betina. Untuk kambing betina bisa menghasilkan 3 liter susu setiap harinya.

  1. Kambing PE (peranakan etawa)

Jenis kambing lain yang digunakan oleh pusat aqiqah jogja adalah kambing PE atau peranakan etawa. Sesuai namanya, kambing ini merupakan hasil persilangan antara kambing lokal dengan kambing etawa. Kambing jenis ini pun tersebar di hampir seluruh wilayah Indonesia. Ukuran dari kambing PE ini sendiri lebih kecil dibandingkan dengan kambing etawa. Ciri dari kambing ini adalah telinganya panjang dan terkulai lemas. Warna bulunya cokelat muda sampai kehitaman. Berat untuk kambing PE betina kurang lebih 35kg dan jantan kurang lebih 40kg. Tinggi pundak kambing ini bisa mencapai 100cm.

Memilih Pusat Aqiqah Jogja Yang Terbaik

Nah itulah beberapa jenis kambing yang sering dipakai oleh pusat aqiqah jogja untuk disembelih. Pastikan untuk memilih layanan akikah Jogjakarta yang terbaik dan berpengalaman. Sehingga anda bisa mendapatkan kenyamanan dan kepuasan selama pemesanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *