JENIS-JENIS JAMUR YANG DAPAT DIKONSUMSI

JENIS-JENIS JAMUR YANG DAPAT DIKONSUMSI

Jenis sayur memanglah sangat banyak di dunia ini. sayur juga banyak memiliki banyak manfaat di dalam setiap jenisnya. Setiap jenis mempunyai cita rasa sendiri yang tentu saja dapat memberikan sehat di tubuhmu. Tak hanya itu, bahkan orang-orang menjadi vegetarian yang setiap harinya hanya memakan sayur dan buah. Namun tentu mereka tidak akan memakan nasi dan juga daging. Kamu tidak perlu seperti itu untuk menjadi sehat. Kamu bisa makan dengan nasi, sayur dan daging untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang tubuhmu perlukan. Nah, sayur tentunya penting untuk menjaga tubuh agar tetap sehat. Tak hanya itu, kamu juga harus mengikuti pola hidup sehat. 

Jenis Jamur Yang Enak Di Makan

Jenis sayur sangat banyak salah satunya adalah jamur. Jamur adalah jenis sayur yang tidak memiliki klorofil dan dapat tumbuh sendiri dimana saja. Nah, jamur umumnya dapat tumbuh tanpa perlu dirawat. Saat ini jamur banyak dibudidayakan dan dijual dengan harga yang biasa hingga fantastis. Jenis jamur di dunia ini memanglah beragam, namun tidak semua bisa dimakan. Ada banyak jenis jamur yang tidak dapat dikonsumsi karena beracun. Nah, namun juga banyak jamur yang dapat dimakan dan enak jika dikonsumsi. Nah, inilah beberapa jamur tersebut:

  • Jamur kuping

Jamur ini adalah jamur yang paling populer di Indonesia. Sebab jamur ini memiliki bentuk yang mirip dengan telinga manusia. Jamur ini umumnya berwarna coklat dan memiliki tekstur yang kenyal seperti jelly. Jamur ini biasanya hidup di kulit kayu yang sudah mati dan lembab. Jamur ini memiliki kandungan nutrisi yang dapat menghambat dan mencegah penggumpalan darah, menormalkan tekanan darah, mengurangi stres, anti oksidan dan juga antitumor. Tentu saja jamur ini banyak dijadikan sebagai campuran bahan memasak agar lebih enak dan lezat. 

  • Jamur tiram 

Siapa yang tidak tahu jamur ini? pastinya jamur ini banyak yang menyukai dan sangat sering kita temukan di pasar. Jamur tiram mempunyai beberapa warna seperti warna putih, abu-abu, coklat dan juga emas. Namun kamu mungkin lebih sering menemukan yang berwarna putih. Jamur tiram memiliki manfaat untuk melawan kanker, mencegah dan mengatasi kolesterol tinggi, diabetes dan infeksi saluran pernapasan. 

  • Jamur enoki

Jamur ini berbentuk seperti menyerupai kecambah namun jamur ini memiliki daging yang memanjang ke atas. Namun jamur ini hanya dapat tumbuh di daerah yang memiliki iklim musim dingin. Jamur ini memiliki manfaat diantaranya adalah melawan kanker, melancarkan pencernaan, melindungi organ tubuh dan kaya akan nutrisi yang dapat menyehatkan tubuh. Jamur ini banyak dibudidayakan di Jepang dan juga banyak dijadikan sebagai pengobatan tradisional di China. 

  • Jamur kancing

Seperti namanya jamur ini berbentuk bulat seperti kancing dan umumnya berwarna putih. Jamur ini sering dijadikan sebagai tumis, sup, dan olahan lain. Jamur ini kaya akan vitamin B dan memiliki manfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah kanker, antioksidan dan juga menguatkan tulang. Jamur ini dapat ditemukan di belahan dunia manapun. 

Nah, itulah beberapa jenis jamur dan juga manfaatnya masing-masing. Jamur di atas bisa kamu jadikan sebagai obat tradisional yang dapat menyehatkan tubuhmu. Tentu saja jamur dapat menghindarkan kamu dari berbagai penyakit yang bisa datang kapan saja. Nah, tentunya jamur dapat dengan mudah bisa kamu temukan di pasar atau di supermarket. Bahkan kamu bisa menemukan di hutan dengan mudah. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *