CARA MERAWAT KUCING RUMAHAN

Sekarang ini banyak orang yang hobi merawat kucing. Kucing bisa dipelihara dengan kandang ataupun tanpa kandang. Walau kucing kadang ngeselin, kucing juga bisa menjadi teman di kala sedih. Itu semua akan berjalan mulus bila anda tahu cara merawat kucing dengan benar. Kucing tidak harus keluar rumah untuk menjadi bahagia. Kita bisa menjaga kucing di rumah dengan memberikan hiburan dan stimulasi secara teratur.

Selain itu kucing juga membutuhkan lingkungan hidup yang aman, makan dan minum, serta perawatan tubuh dan kesehatan rutin. Berikut ini beberapa cara merawat kucing rumahan, sebagai berikut:

  • Buatlah lingkungan yang aman bagi kucing

Kucing rumahan terbiasa menghibur dirinya sendiri. Sangat penting untuk memeriksa rumah dengan mencari sesuatu yang bisa menyakiti kucing anda. Waspadalah karena kucing mungkin akan melompat ke atas berbagai jenis permukaan. Singkirkan benda-benda yang menarik bagi kucing, seperti benda berkilau, tali, wol dan lainnya. 

  • Pahami kebutuhan dan asupan gizinya dari kecil

Biasanya anak kucing akan mulai belajar makan setelah umur 5-6 minggu meski masih menyusu pada induknya. Anda bisa memberikan makan secara rutin 4 kali setiap hari. Namun ketahuilah bahwa kucing rumahan sangat mudah gendut. Untuk mencegah ini, berikan sesuai takaran makanan dan berikan sesuai takaran yang disarankan pada kemasan. Selalu sediakan air tawar setiap saat. Pertimbangkan makanan kucing rumahan atau steril, karena makanan ini mengandung kalori yang lebih sedikit. Asah insting berburu kucing dengan menggunakan permainan  teka-teki sehingga kucing harus berusaha mendapatkan makanannya. 

  • Sediakan kotak pasir sebagai tempat buang air bagi kucing

Tempatkan kontak pasir di tempat sepi sehingga kucing tidak akan terganggu oleh suara yang tiba-tiba muncul. Jika anda memiliki beberapa kucing, anda membutuhkan kotak pasir untuk setiap kucing. Jagalah kotak pasir agar tetap bersih sehingga kucing akan senang mendatanginya. 

  • Mandikan kucing secara teratur

Saat memandikan kucing, sebaiknya kamu pilih air dingin. Karena air panas hanya akan merusak bulu dan menyebabkan iritasi kulit pada kucing. Jika kucing rewel bisa gunakan tisu basah. Agar lebih wangi anda bisa gunakan parfum khusus kucing untuk menghindari pertumbuhan kutu. Anda sesekali juga harus menggunting kuku si kucing. Terkadang kucing menua tidak akan mampu untuk merawat keseluruhan bulunya.

  • Memberikan kucing stimulasi mental dan olahraga

Pastikan kucing mendapatkan olahraga yang cukup, bermainlah dengan kucing secara rutin. Kucing adalah pemburu yang berarti mereka memiliki periode untuk bermalas-malasan yang diselingi dengan aktivitas berburu. Pastikan tempat kucing memiliki tenggeran yang tinggi serta jendela. Hal ini akan menghibur si kucing dengan pemandangan di luar serta memenuhi kebutuhan kucing untuk berada di tempat tinggi. berikan kucing anda sesuatu untuk dimainkan saat anda sedang pergi. 

  • Merawat kebersihan dan kesehatan tubuhnya

Rajin-rajinlah membersihkan gigi, telinga, dan kuku kucing. Tempat-tempat ini yang biasanya sangat rentah terhadap kuman dan bakteri. 

Selain membersihkan tubuhnya dari luar, sesekali berilah ai kucing obat cacing secara rutin dalam 3 bulan sekali. Dan meskipun kucing tidak keluar rumah, anda tetap harus memberikannya vaksin. meskipun risiko terjangkit kutu lebih sedikit, namun tetap pastikan anda mengontrol kutunya.  Merawat kucing membutuhkan tanggung jawab yang besar. Selain dituntut untuk bisa memahami kebutuhannya, anda juga harus siap direpotkan kapan saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *