CARA MEMANDIKAN KUCING SECARA TEPAT 

CARA MEMANDIKAN KUCING SECARA TEPAT 

Kucing merupakan hewan yang tidak menyukai air, sehingga ketika dimandikan pastinya akan berusaha kabur dan melukai majikannya dengan kuku atau cakar nya. Memandikan kucing ini juga termasuk hal yang merepotkan dan rumit. Karena ada hampir sebagian kucing itu tidak suka basah. Karena dengan memandikan kucing ini maka dapat terjaga kesehatan bulu dan menjaga kebersihannya ketika dalam rumah kita. Untuk itu, agar si kucing mau mandi dan menyukai air ini maka biasakan untuk memandikan kucing saat masih kecil sehingga ketika besar nanti sudah terbiasa dengan air. Namun, jika kucing yang sudah besar ini maka memandikan nya harus di permudah proses memandikan nya. agar pada saat memandikan kucing tersebut tidak dicakar ataupun di gigit agar terbiasa juga dengan pemandian tersebut.

Tips Memandikan Si Kucing Agar Tidak Digigit Atau Dicakar

Dalam memandikan si kucing memang hal yang tidak mudah, apalagi jika kucing tersebut belum pernah mandi sebelumnya. Mungkin saja bisa menggigit atau mencakar nya saat pemandian.  Berbeda dengan kucing yang sudah terbiasa mandi maka hal ini tentu sangat mudah cara mengaturnya. Memandikan kucing ini juga merupakan sebuah tantangan, karena kucing ini tidak menyukai sesuatu yang basah. Adapun cara mandi kucing ini biasanya menjilat tubuh yang kotor sampai bersih atau menggulingkan badan di area pasir. Hal ini memang lah kucing memerlukan perawatan lebih yaitu dengan mandi dengan air. Untuk memandikan kucing ini memang tidak boleh secara berturut-turut. Karena dapat merusak bulu kucing serta dapat menimbulkan iritasi pada kulit kucing. Oleh karena itu, usahakan saat memandikan kucing ini harus bersihnya secara maksimal. Masih bingung cara memandikan kucing agar tidak digigit atau dicakar, yuk simak ulasan berikut;

  • Pilih waktu yang tepat

Waktu yang tepat dalam memandikan kucing ini ketika di pagi hari, sekitar jam 10 atau jam 11 ketika cuaca hangat sehingga hal ini juga kucing tidak akan merasa kedinginan. Sebelum memandikan kucing maka berilah makan terlebih dahulu agar tidak mudah rewel.

  • Gunakan air hangat

Untuk memandikan kucing ini maka selalu gunakan air hangat ketika memandikannya. Karena air hangat ini dapat menjaga suasana hati kucing agar tidak panik dan tetap merasa nyaman saat dimandikan.  Isilah ember dengan air hangat namun pastikan air hangat tersebut tidak melebihi badan sehingga tidak merendam kucing nya.

  • Gunakan sampo 

Ketika memandikan kucing ini kita harus tahu jenis sampo apa yang cocok untuk hewan peliharaan kita. Karena setiap jenis kucing ini memiliki bulu yang berbeda-beda. Anda juga dapat memberikan tetes vitamin bulu pada sampo agar bulu kucing tidak mudah rontok. Kucing yang memiliki bulu pendek ini juga dapat dimandikan dengan semua jenis shampo sehingga pilihlah sampo yang sesuai dengan bulu kucing anda.

  • Kucing nyaman saat mandi

Jika anda memandikan kucing yang baru pertama kali mandi, maka buatlah kucing anda nyaman saat mandi. Hal ini biasanya kucing yang baru mandi ini merasa panik dan kaget sehingga harus di tenangkan. Anda dapat menenangkan kucing saat mandi itu dengan menggunakan air hangat. Perlahan basahi tubuh, kaki, ekor, dan punggung secara lembut.

Itulah, tips cara memandikan kucing dengan tepat agar tidak mudah menggigit dan mencakar. Mandikan kucing secara perlahan dan lembut agar tidak takut dengan air. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *