CARA AGAR TERBIASA SHOLAT TAHAJUD

CARA AGAR TERBIASA SHOLAT TAHAJUD

Sholat merupakan serangkaian ibadah yang wajib dilakukan oleh seorang muslim. Sholat digunakan sebagai bekal kita di alam akhirat nanti. Nah, sholat sendiri di bagi menjadi dua yaitu sholat wajib dan sholat sunnah. Sholat wajib di lakukan 5 waktu dan kita sebagai umat muslim tidak boleh meninggalkannya. Sedangkan sholat sunah adalah shalat yang dikerjakan untuk menambah pahala namun jika tidak dikerjakan juga tidak akan mendapat dosa. Sholat wajib jika ditinggalkan akan mendapatkan dosa. Namun sholat yang kamu lakukan akan diterima oleh Allah SWT jika dalam melakukannya sesuai dengan syariat islam. Kita sebagai umat muslim tentunya tahu mana yang baik dan buruk. 

Tips Agar Mudah Bangun Saat Waktunya Sholat Tahajud

Sholat Tahajud adalah shalat sunah yang dikerjakan pada malam hari dalam kurun waktu setelah Isya’ sampai menjelang waktu subuh. Sholat Tahajud bisa dilakukan setelah bangun tidur dan waktu yang paling tepat adalah di sepertiga malam terakhir. Nah, tentunya kita akan mendapatkan manfaat jika rutin melakukan sholat Tahajud. Manfaatnya adalah mendapatkan pahala, terkabul nya doa-doa masih banyak manfaat lainnya. Sholat Tahajud adalah waktu ketika kita berdoa dan Mustajab. Sholat Tahajud bisa dilakukan 2 rakaat sampai 11 rakaat di malam hari. Namun terkadang kita tidak bisa terbangun saat jam-jam masuk ke sepertiga malam untuk melakukan sholat Tahajud. Nah, agar dapat bangun saat waktunya sholat Tahajud, inilah tips nya:

  • Tidur sebelum jam 10

Sekarang ini banyak orang terbiasa begadang hingga pagi. Namun kebiasaan tersebut tentunya sangat buruk untuk kesehatan tubuh. Nah jika kamu ingin mudah bangun dari tidur saat sudah masuk waktu sholat Tahajud kamu diwajibkan tidur sebelum jam 10. Sebab kita akan mudah terbangun pada pukul 2 sampai 3 pagi. Selain itu, tubuh juga akan cukup beristirahat atau tidur kurang lebih 7 sampai 8 jam untuk orang dewasa. 

  • Membunyikan alarm

Tubuh memang membutuhkan tidur untuk mengumpulkan energi yang untuk melakukan aktivitas di siang hari. Nah, biasanya kamu akan membangunkan tubuh mu secara paksa dengan menghidupkan alarm. Maka dari itu, kamu bisa menghidupkan dan mengatur jamnya alarm mu sekitar pukul 2 sampai 4 pagi. Sebab kamu akan mudah terbangun jika terdengar bunyi alarm yang sangat nyaring. 

  • Meminum segelas air putih sebelum tidur

Sebelum kamu tidur sebaiknya minumlah terlebih dahulu segelas air putih hangat maupun dingin. Sebab air putih tersebut dapat membantu otak kamu rileks dan saat kamu terbangun kamu akan merasa segar. Nah, saat jam-jam sholat Tahajud pastinya kamu masih merasa ngantuk walau sudah bangun. Maka dari itu, kamu bisa minum lagi air putih agar membuatmu segar dan tidak ngantuk lagi.

  • Tidur siang

Mungkin hari sebelumnya kamu begadang dan tidak cukup waktu untuk tidur malam. Nah, kamu bisa menggantinya dengan tidur siang. Jika kamu tidur siang kamu akan memiliki banyak waktu untuk istirahat. Nah, tentunya kamu masih bisa begadang dan bangun untuk sholat Tahajud karena kamu sudah memiliki banyak waktu untuk tidur siang. Sehingga kamu bisa bangun dengan mudah bahkan sampai subuh. 

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu dapatkan agar bisa dengan mudah terbangun saat waktunya sholat Tahajud. Kamu bisa membiasakan setiap hari agar mulai terbiasa. Ingat, kita akan membentuk pola kebiasaan selama 21 hari. Tentu saja kamu akan mendapatkan manfaat yang banyak dan sholat tersebut dapat menjadi bekal kamu ketika masuk surga nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *